Kamis, 13 Februari 2014

Tari Pendet, Budaya Indonesia Yang Masih Terjaga

Tari Pendet, Tari Traditional Bali, Pendet Malaysia, Tari Kecak, Bali traditional
Tari pendet adalah salah satu tarian yang bermakna selamat datang paling tua di Pulau Bali. Menarikan Tari Pendet ini sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan spiritual masyarakat Hindu di Bali. Para ahli seni pertunjukan Bali, menyetujui bahwa tahun 1950 adalah tahun kelahiran tari Pendet ini berdasarkan beberapa catatan yang ada. Tidak hanya saat menyambut tamu-tamu penting, dalam setiap pertunjukan tari-tarian Bali yang lain, Tari Pendet selalu dijadikan sebagian tarian pembuka.

Tari Pendet dibawakan oleh sekelompok remaja putri yang membawa mangkok perak berisi bunga warna-warni. Dan pada bagian akhir tarian, para penari menaburkan bunga-bunga yang mereka bawa ke arah penonton atau tamu yang disambut, sebagai ucapan selamat datang.

Pada mulanya, Tari Pendet dipakai sebagai pelengkap upacara traditsional bali yaitu piodalan di pura-pura atau tempat suci keluarga, sebagai lambang rasa syukur, hormat, dan sukacita saat menyambut kehadiran para dewa yang turun dari khayangan.

Tari Pendet, Tari Traditional Bali, Pendet Malaysia, Tari Kecak, Bali traditional
Penggagas tarian ini dahulu adalah dua seniman kelahiran desa Sumertha, Denpasar, yaitu I Wayan Rindi dan Ni Ketut Reneng. Keduanya menciptakan tari Pendet penyambutan dengan empat orang penari yang dipentaskan sebagai bagian dari pertunjukan kepariwisataan di sejumlah hotel yang ada di Denpasar, Bali. Dan pada tahun 1961, I Wayan Beratha mengembangkan tarian ini dan menambah jumlah penarinya menjadi lima orang, seperti yang sering ditampilkan sekarang.

Pada tahun 1962, I Wayan Beratha dan kawan-kawan kembali mengembangkan Tari Pendet yang ditarikan secara massal pada pembukaan Asian Games di Jakarta dengan jumlah peserta tak kurang dari 800 penari.

Selain tari pendet, Indonesia juga masih banyak memiliki tarian-tarian traditional lainnya seperti Tari Angguk, meski belum sepopuler Tari Pendet.

3 komentar:

  1. wahhh udah terkenal banget tuh tari pendet khas bali..
    kalo jawa barat itu terkenal dengn tarian jaipongnya gan ;)
    terimakasih :D

    BalasHapus
  2. d tempat sata d cilacap ada namanya kuda lumping

    BalasHapus