Rabu, 24 Oktober 2012

Pesona Keindahan Gunung Merapi Kaliurang

merapi, kaliurang
Yogyakarat memang benar jika dikataan daerah wisata, hal ini dapat dilihat dari begitu banyaknya tempat wisata yang dapat anda kunjungi jika ke Yogyakarat, salah satunya adalah Kaliurang. Kaliurang merupakan aerah wisata dengan pemandangan alam yang indah dan beriklim dingin di lereng Gunung Merapi, kurang lebih berjarak 25 km sebelah utara kota Yogyakarta. Didukung fasilitas berkemah, taman rekreasi anak-anak, berwisata di hutan, hotel, wisata di kabin, tempat pertemuan dan seminar, fasilitas olahraga dan telekomunikasi.

merapi, kaliurang, monyet
Kaliurang terdapat berbagai fasilitas pendukung wisata, seperti area taman rekreasi seluas 10.000 meter persegi. taman bermain untuk anak-anak dengan cuaca yang sejuk. Patung hewan, ayunan, kolam renang mini dan lain-lain merupakan fasilitas pelengkap yang dapat digunakan sebagai arena kompetisi anak-anak. Tlogo Putri merupakan kolam renang dengan air alami dari mata air di lereng Gunung Plawangan. Wisatawan dapat berenang, bersantai, dan melihat desa yang terletak di bawah dan penuh sesak dengan taman Perhutani. Tlogo terletak di depan stasiun bus dan dekat dengan pusat Kaliurang souvenir dan Ground camilan khas. Kaliurang wisata peta yang dilengkapi dengan jalur wisata Kaliurang dan informasi penginapan telah disediakan oleh Kantor Pariwisata lokal. Selain itu di Kaliurang juga masih banyak terdapat monyet. Kita bisa memberikan makanan kepada monyet-monyet itu secara langsung. Tapi anda harus berhati-hati, karena monyet tersebut juga suka mengambil barang milik pengunjung, seperti tas, topi, atau kacamata.

merapi, kaliurang
Selain keindahan alamnya, Kaliurang juga memiliki beberapa bangunan warisan. Diantaranya adalah Gedung Kaliurang dan Pesangrahan Dalem Ngeksigondo Istana Sultan yang digunakan sebagai tempat untuk Komisi Tiga Negara. Atau Museum Ullen Sentalu yang sebagian bangunannya berada di bawah tanah. Museum ini menguak misteri kebudayaan dan nilai-nilai sejarah Jawa, terutama yang berkaitan dengan putri Sultan Yogyakarta dan Surakarta pada abad ke-19.

Ingin tahu wisata alam lainnya di Jogja klik di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar