Selasa, 23 Oktober 2012

Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat

Kraton Jogja, Ngayogyokarto Hadiningrat
Anda ke Jogja? Jangan bilang anda ke Jogja jika belum mengunjungi tempat yang satu ini, Kraton Yogyakarta. Di Kraton Yogyakarta anda dapat mengenal budaya Jawa yang beraneka ragam, bertemu abdi dalam, hingga mempelajari tentang silsilah kesultanan Yogya serta mengetahui tempat sakral yang bersejarah.

Yogyakarta mempunyai sejarah yang kuat, mulai dari kesultanan hingga zaman kolonial, salah satu tempat yang penuh dengan sejarah Yogyakarta adalah Kraton Yogya. Letaknya berada di alun-alun selatan Yogya, serta menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat Anda melancong ke Kota Gudeg ini.

Kraton Jogja, Ngayogyokarto Hadiningrat
Kraton Yogya adalah sebuah komplek besar yang merupakan bangunan khas Jawa yang anggun, bernilai tinggi, hingga bersejarah. Kraton ini merupakan tempat sultan dan keluarganya untuk beristirahat dan menyambut tamu-tamu penting.

Bentuk dan arah bangunan kraton pun mempunyai arti tersendiri. Keraton ini dibangun menghadap langsung ke arah utara Gunung Merapi dan di bagian Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia yang diyakini sebagai tempat tinggal Nyi Loro Kidul, Ratu Laut Selatan. Jika ditarik garis lurus, maka Gunung Merapi, Kraton yogya, Jalan Malioboro, dan Samudera Hindia, akan berada dalam suatu garis. Hal ini pun menandakan keseimbangan, keharmonisan, dan juga keistimewaan.

Kraton merupakan titik pusat dari kegiatan sultan, tak heran, banyak upacara-upacara besar diadakan di kraton. Selain itu, tempat ini juga menjadi sejarah hidup yang menyimpan tradisi dan kebudayaan masyarakat Jawa. Di sini Anda akan mengenal segala jenis kebudayaan Jawa dari dekat.

Di dalam kraton terdapat paviliun, bangsal, hingga ruangan luas di setiap sudut kraton yang digunakan untuk upacara-upacara khusus. Dengan harga tiket yang tidak terlalu mahal, Anda dapat mengelilingi kraton dan merasakan atmosfir khas Jawa. Pohon-pohon besar yang rindang akan membuat sejuk suasana.

Di dalam kraton terdapat Museum Sri Sultan Hamangkubuwono XI. Museum ini berisi koleksi barang-barang peninggalan sultan berupa pakaian, foto-foto, lukisan dan barang-barang antik lainnya. Ada pula Museum Batik dan Museum Kristal. Di Museum Kristal, terdapat barang-barang milik sultan seperti piring, sendok, dan lainnya yang terbuat dari kristal.

Anda juga dapat menyaksikan pagelaran kebudayaan khas Jawa seperti pertunjukan gamelan, pentas tari-tarian, hingga pagelaran wayang golek dan wayang kulit. Biasanya pertunjukan tersebut diadakan di Bangsal Sri Maganti. Untuk menyaksikan pertunjukannya, Anda tidak dikenakan biaya apa pun alias gratis.

Hal menarik lainnya adalah Anda dapat bertemu dengan abdi dalam. Mereka adalah pelayan sultan yang bertugas menjaga kraton. Biasanya abdi dalam berusia paruh baya dan memakai pakaian Jawa seperti blankon. Anda dapat melihat aktivitas abdi dalam dari dekat di dalam kraton.

Dalam berkeliling kraton, Anda juga bisa menyewa jasa pemandu. Untuk masalah biaya, tidak dikenakan patokan biaya untuk menyewa jasa pemandu, tergantung dari negosiasi Anda.

Mengunjungi Kraton Yogyakarta, berarti Anda menyelami kebudayaan khas Jawa dan sejarah-sejarah kesultanan Yogyakarta. Kraton adalah tempat sakral yang sangat dihormati oleh masyarakat Yogya. Jangan lupa untuk berkunjung ke sana dan dapatkan pengalaman berharga.
sebagian sumber detik.com

3 komentar:

  1. Saya memang sudah pernah ke sana dan tempatnya memang luar biasa, banyak sekali nilai^ sejarah dan budaya yang sangat istimewa, saya termasuk pencinta Yogyakarta, tapi sekarang memang sudah lama gak ke sana lagi, rasanya rindu ingin kembali kesana sobat, tapi karena situasi yg belum memungkinkan, postingan yg bagus, dan menarik.
    Trims informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya memang meneynagkan wisata ke kraton Yogyakarta

      Hapus
  2. ISTIMEWA http://caramudahuntukmu.blogspot.com/ :)

    BalasHapus