Jumat, 30 November 2012

Benteng Vredeburg, Saksi Bisu Penjajahan

Benteng Vredeburg, Beteng Vredeburg, Museum tertua di jogja, Malioboro, Istana presiden jogja
Benteng Vredeburg terletak di selatan Jalan Malioboro Yogyakarta tepatnya di depan Istana Negara Gedung Agung. Benteng Vredeburg dibangun pada masa penjajahan Belandan tahun 1765. Pada awalnya benteng ini berfungsi sebagai benteng untuk bertahan melindungi Gubernur Hindia Belanda yang tinggal di Gedung Gubernuran.

Benteng Vredeburg juga dilengkapi dengan meriam yang mengarah ke Kraton Yogyakarta, hal ini untuk mengantisipasi serangan dari tentara Keraton Yogyakarta, walaupun pada akhirnya meriam-meriam tersebut tidak begitu bermanfaat saat terjadi serangan dari gerilyawan Indonesia pada tahun 1949.

Benteng Vredeburg, Beteng Vredeburg, Museum tertua di jogja, Malioboro, Istana presiden jogja
Sebagai salah satu peninggalan sejarah, sampai saat ini Benteng Vredeburg dijaga dan dirawat dengan amat baik. Ini terlihat dari bangunan fisik yang masih berdiri kokoh dan terawatnya dinding benteng termasuk selokan yang mengelilingi benteng tersebut. Taman yang berada di sekitar benteng itupun juga terawat dengan baik.

Bangunan-bangunan yang ada di dalam kompleks Benteng Vredeburg itu sendiri telah mengalami pemugaran untuk memperkokoh bangunan. Di dalam beberapa bangunan benteng tersebut terdapat diorama-diorama yang mengisahkan perjuangan tentara Republik Indonesia dalam masa penjajahan Belanda.

Selain diorama-diorama tersebut, Benteng Vredeburg saat ini juga di gunakan sebagai tempat untuk menggelar kegiatan seni dan budaya. Bahkan setiap tahun pasti diadakan banyak kegiatan di benteng ini, dari festival kesenian sampai pameran lukisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar