Kamis, 22 November 2012

Indahnya Panorama Gua Pindul Gunungkidul

gua pindul, gua musang, gua maria, tempurung
Memasuki gua mungkin sudah biasa bagi sebagian orang, namun jika menelusuri gua melalui sungai bawah tanah merupakan salah satu pengalaman yang masih jarang dilakukan. Untuk melakukan kegiatan itu anda bisa mengunjungi Gua Pindul di Gunungkidul. Gua tersebut terletak di Desa Bejiharjo kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunung Kidul. Selain wisata susur gua, anda juga bisa menikmati arung jeram di sungai Oya, dengan pemandangan batu-batu kapur dan hutan hijau di kanan kiri sungai. Lokasi wisata ini akan menawarkan beberapa paket yang dapat anda pilih sesuai selera. Yang pertama adalah Paket Gua Pindul Rp 30.000, Paket rafting Rp 45.000. Menariknya aktifitas rafting dilakukan menggunakan ban dalam bekas. Tapi jangan khawatir karena disinijuga disertakan pengaman bagi penikmat wisata ini.

Untuk mencapai lokasi Gua Pindul, jika sudah sampai di perempatan jalan Wonosari Ring Road selatan. Kemudian lurus sampai jalan menaiki bukit Patuk. Setelah sampai di perempatan bukit Patuk anda masih harus lurus sampai pada rest area hutan Wanagama, kemudian lapangan udara Gading lurus sampai perempatan Siyono (air mancur) belok kiri. Ikuti jalan aspal sampai perempatan lampu merah masih lurus dan ada pertigaan sebelah kiri ada gerbang desa Bejiharjo belok kiri setelah itu ikuti jalan aspal hingga lokasi yang banyak terdapat tulisan Gua Pindul. Di sebelah kanan lokasi ada sekretariat pengelola, dan bagi wisatawan bisa langsung bisa menemui pengurusnya.

gua pindul, gua musang, gua maria,  tempurung
Setelah mendaftar dan membayar paket wisatanya, anda akan menunggu giliran untuk dipanggil sesuai dengan urutannya. Setelah itu anda akan di antar oleh guide yang cukup berpengalaman mendampingi wisatwan menyusuri gua ini. Dari sekretariat ini, anda akan menaiki jalan berbatuan dan mulai masuk kampung (desa) untuk mengawali start penyusuran. Sesampainya di awal rute, anda akan di briefing sejenak dan memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk berfoto sejenak. Anda pun bisa meminta tolong guidenya untuk membawakan kamera agar Anda lebih leluasa menikmati alam gua Pindul. Selebihnya guide tersebut akan memfoto sesuai anda pada saat melewati ornamen dalam gua yang menarik. Setelah anda mulai berada di atas ban, pelan-pelan arus akan membawa anda memasuki mulut gua yang cukup lebar. Disinilah petualangan itu dimulai.

Sesampainya di dalam Gua Pindul, anda akan disuguhi pemandangan stalagmit dan stalaktit yang masih aktif. Anda juga akan merasakan kegelapan gua yang sangat pekat. Selain itu anda akan melewati sebuah lubang besar tepat diatas anda. Lubang banyak terdapat di kawasan pegunungan seribu. Dan beberapa luweng di dalamnya ada sungai yang mengalir di bawah tanah. Pelan-pelan ban akan membawa anda menyusuri dinding-dinding gua yang lembab, setelah itu anda akan keluar melalui mulut gua yang di depannya terhampar genangan air sungai tadi. Beberapa wisatawan akan terlihat melompat terjun bebas dari atas bukit untuk sekedar menikmati genangan air sungai. Di genangan air ini petualangan anda berakhir.

Nah itu dia salah satu wisata yang patut anda coba di Gunungkidul. Tapi selain Gua Pindul ada satu tempat yang patut anda kunjungi di Gunungkidul yaitu Air Terjun Sri Gethuk. Selamat mengunjungi Gunungkidul.