Senin, 12 November 2012

Wisata Kuliner Khas Jogja

Gudeg Jogja, Wisata Kuliner, Makanan Daerah Jogja, Makanan Khas
Yogyakarta selain terkenal akan budaya dan keindahan tempat wisata seperti Pantai Indrayanti maupun peninggalan kasultanan Ngayogyokarto yaitu Tamansari Yogyakarta, ternyata juga memiliki makanan yang wajib untuk dicoba jika anda datang ke Yogyakarta

Berikut ini adalah beberap makanan yang ada di Jogja


  1. Bakmi Jawa
  2. Bakmi Jawa di Yogyakarta jelas sangat berbeda dan memiliki khas tersendiri, Selain rasanya yang gurih, . Bakmi Jawa biasanya di masak dengan menggunakan Anglo ( tungku dari tanah liat dengan bahan baku arang).
  3. Gudeg
  4. Siapa yang tidak kenal gudeg, makanan khas dari Jogja ini. Gudeg Yu Djum, merupakan legendaris gudeg di Jogja. Jika anda ingin menikmati kenyamanan, sebaiknya anda makan di rumah Yu Djum di daerah Mbarek Jl Kaliurang Selokan Mataram, deket MM UGM Yogya. Semua masyarakat di Indonesia dan Mancanegar pasti tahu Gudeg Yu Djum, jadi ini harus anda kunjungi sebagai referensi wisata kuliner di Jogja. Selain itu jika anda ingin mencari gudeg, di sepanjang jalan wijilan anda akan menemuinya.
  5. Soto
  6. Makanan ini mungkin disetiap daerah ada, namun di Jogja ada satu tempat yang istimewa. Yaitu Soto Kadipiro, yang terletak di Jl. Wates dekat perempatan Wirobrajan.

    Di jalan ini anda akan menemui banyak Warung Makan Soto Kadipiro, namun yang asli adalah Soto Kadipiro yang berada di utara jalan ( satu deret dengan pom bensin ). Soto Ayam yang tidak bersantan ini berdiri sejak tahun 1921, dibangun oleh Pak Karto Wijoyo.
  7. Sate Klatak
  8. Sate Klatak merupakan sate ayam yang diracik secara khusus, sehingga memiliki keunikan tersendiri. Sate kalatak ini terdapat di Pasar Jejeran Bantul atau sekitar 1 KM ke selatan dari Terminal Giwangan. Kelembutan daging ayam dan racikan bumbu sate yang khas, membuat anda dapat menikmati sate khas bantul ini. Ditambah porsi 1 tusuk sate, sangatlah besar. Sehingga dengan 3 - 5 tusuk sate yang disajikan, dapat membuat perut anda penuh.
  9. Sego Kucing
  10. Sego kucing atau yang dalam bahasa Indonesia berarti Nasi Kucing adalah makanan khas di angkringan. Angkringan merupakan sejenis warung kaki lima yang menyediakan makanan dari gorenagn sampai nasi. Di sebut nasi kucing karena porsinya yang kecil.

Itulah makanan khas dari Yogyakarta, selain yang disebutkan di atas masih banyak lagi makanan yang ada di Jogja.

4 komentar:

  1. INFORMASI yang di sampaikan sangat BAGUS dan MENARIK bagi PEMBACANYA. semoga tambah SUKSES dan JAYA selalu.{Enter}{Enter}087-860-534-593 (XL){Enter}{Enter}027-4743-4961 (Flexi){Enter}{Enter}http://homestayyogyakarta.com/

    BalasHapus